Tuesday, April 12, 2016

Soal Fisiologi 2016



Fotosintesis merupakan reaksi yang (miracle) atau  ajaib,  karena di muka bumi hanya tumbuhan yang memeliki proses ini, yang hasilnya berupa karbohidrat, lemak protein , serat dan vitamin dan mineral yang hasilnya akan dimanfaatkan sebagai makanan hewan dan manusia baik untuk pangan (beras, jagung, ubi, kacang2an buah sayur, , sandang seperti kapas papan seperti kayu sampai komoditas perdagangan internasional, kopi coklat sawit dll.
Secara sederhana proses fotosintesis digambarkan dengan reaksi CO2 + H2O menjadi C6H12O6 + O2. Kemudian lebih lanjut C6H12O6 diproses lebih lanjut oleh tumbuhan menjadi karbohidrat kopleks seperti pati, protein serta lemak. dansecara lebih komples dijabaekan secara sederhana dalam tabel seperti di bawah ini :
Reaksi
Tempat
Melibatkan
Proses
Hasil
Terang
Grana
Cahaya dan klorofil
Eksitasi elektron
ATP
ADP dan H2O
Transfer elektron (Reaksi Hill)
NADPH2
NADP
Fotolisis
O2



Gelap
Stroma
CO2
Fiksasi
APG
RuBP/ RDP

ALPG
NADPH2
Siklus calvin
C6H12O2
ATP



Jelaskan :
1. lengkapi tabel di atas
2. Mengapa dalam proses  budidaya  tanaman masih memerlukan unsur N, P, K, Ca , Mg dan S yang dalam pengelompokannya masuk dalam katagori hara Makro, serta dilengkapi unsur hara mikro seperti  ( ......) Apa fungsi masing-masing unsur tersebut dalam proses fotosintesis tanaman.


3. Berikut  : adalah tabel status hara daun jeruk dalam bentuk angka yang termasuk kelompok rendah (defisiensi), optimum serta Tinggi atau berlebih dari setiap unsur hara yang diperlukan tanaman.

Secara umum  status hara daun pada tanaman jika di hubungkan dengan pertumbuhan tanaman dapat digambarkan seperti dalam grafik berikut ini :
.  
Jelaskan bagaimana pemahaman antara konsentrasi hara dalam jaringan tanaman terutama jaringan daun dengan pertumbuhan tanaman. selanjutnya Jabarkan hubungan tersebut dengan contoh tabel kebutuhan hara untu tanaman jeruk seperti berikut ini :
scan0020
4)  Misal   unsur hara  Nitrogen (N) dikatakann rendah, cukup dan berlebih jika ................... demikian juga unsur hara Phospor ((P) dikatakan defisiensi jika...... dan dikatakan cukup jika .............................serta berlebih jika .......................










No comments:

Post a Comment