Tuesday, April 12, 2016

Pengertian hortikultura


Berasal darikata bahasa latin hortus yang berarti kebun dan corela yang berarti menumbuhkan , para pakar mendefinisikan  hortiikultur adalah ilmu yang mempelajari pembudidayaan tanaman sayur , buah- buahan , bunga, atau tanaman hias, tumbuhan herbal dan landscape .
Berdasarkan jenis komuditasnya cabang-cabang  hortikultura  sebagai berikut:
1.       Oleiriculture, ilmu yang mempelajari  tentang sayuran
2.       Pomology,ilmu yang mempelajari  tentang budidaya tanaman buah – buahan
3.       Floriculture,ilmu yang mempelajari budidaya tanaman hias
4.       Landscape, ilmu yang mempelajaripemanfaatan tanaman hias dalam penataan lingkungn
5.       Apiary(apikultura),ilmu yang mempelajari budidaya lebah madu
Namun demikian ,pengelompokan di atas tidak bersifat kaku. Banyak diantaranya tanaman yang juga memiliki manfaat ganda seperti  komuditas buah- buahan , saat ini telah banyak berkembang buah – buahan yang juga di fungsikan sebagai tanaman hias, yaitu dengan perbanyakan vegetatif tumbuhan yang di lakukan dengan berbagai cara seperti cangkok  dan okulasi sehingga tanama menjadi lebih pendek /kerdil tapi memiliki kualitas unggulan dan bisa di manfaatkan sebagai  tanaman hias pula.
Beberapa teknologi yang berkembang dan mendukung industri  tanaman hortikultura:
1.       Zat pengatur tumbuhan (hormon) tanaman . manfaat dari senyawa ini adalah untuk penjarangna bunga/buah, pembentukan tanaman , mendorong pembungaan dan pematangan buah yang seragam dan serempak.
2.       Pemuliaan tanaman. Dengan teknik persilangan dapat di peroleh hasil produksi unggul sepertihalnya semangka tanpa biji(pertenokarpi).
3.       Perbanyakan tanaman konvensional . teknik penyambungan (grafting) untukmendapatkan vigor yang lebih baik dan daya adaptasi dengan kondisi tanah
Rumusan kebijakan pengembangan hortikultura:
1.       Pengembangan komuditas unggulan ,yang mengacu pada pangsa pasar,keunggulan kompetitif,nilai ekonomi ,wilayah produksi dan kesesuaian agro ekoteknologi.
2.       Pengembangan kawasan dan sentra produksi , yang di dasarkan yang di sesuaikan pada sumber daya lahan dan agro klimat.




No comments:

Post a Comment